Minggu, 02 September 2018

Coretan Hari BIRU



Hari biru bersiaplah untuk melaju ke dalam lanjutan cerita pertamaku. 
Pendakian kedua Wonderful Andong !  ahahaha itulah yel-yel kita untuk mencapai 1726 mdpl. 
Waktu itu hari Sabtu 18 November, kira – kira berangkat jam 5 sore apa yak. Pokoknya itu lah. 
Aku sama ponakanku, Winning. Dari Jogja hanya berdua coy, cewek lagi. But no problem, cewek strong kok. Hehe. Kita berdua melewati Ringroad tuh. Wuih keren banget pemandangan sunset nya kelihatan banget. Sumpah indah banget..banget..banget. Kita berdua sempat nyeletuk “wah kalau saja kita berangkat siang, pasti sampai puncak indah banget”, namun kita berucap dalam bahasa jawa loh ya. He. Dan kau tau? Kita harus ngambil cerrier atau tas gunung kalau kalian tidak tau guys. Ngambilnya dimana? Ya dipenyewaan lah. 
Eh salah bukan dipenyewaan. Soalnya sudah dibawakan temenku tuh namanya Farhan. Kalau kalian baca cerita sebelumnya pasti tau dia siapa. Kita meet up di RSU atau RSA sih, taulah pokoknya punya UGM. Lucu banget haha kalau kalian tau ekspresi dia saat kita datang. Biuh kesel, cemberut. Wah pokoknya jelek banget. Ada nih kata kesel dia yang masih aku ingat “ih aku itu keburu pergi juga, malah lama” dalam logat jawa dia bilang. Sampai disindir dipakai status WA loh. Hem udah kesel banget pasti itu. 
Janjinya jam berapa, datangnya jam berapa. Ya maafin kita Farhan. Tidak lagi deh. Hehe. Aku tau dia rela malam – malam jam 10an ngambilin di tempat penyewaan. Emang baik kau Farhan. Hehehe. 
Lanjut ya, aku sama Winning gas lagi menuju rumah Maikel. Kau tau banyak banget hal janggal saat kita mau menuju rumahnya. Haha kita salah jalan. Kita malah lewat Ngarjo nama tempatnya. 
Kita merasa merinding, soalnya makin masuk jalanan makin sepi dan gelap coy. “ih makin sepi dan gelap sih?” celetuk kita sesaat. Kita hanya berdua lagi. Nah peka juga mereka yang cowok-cowok nih. 
Sudah pada kumpul kan dirumah si Maikel.
Akhirnya Maikel telfon aku “heh dimana kamu? Lama banget nyampenya..tadi katanya sudah hamper sampai”. Aku bilanglah sama dia “Kita tidak tau sampai mana, pokoknya jalanan makin sepi banget Maik?!”. Dalam telfon itu, posisi kita masih terus melaju. Pesan – pesan di grub WA juga bilang jalan yang kita lewati itu bahaya. Entah aku dan Winning tidak tau, kita kan orang baru didaerah situ. 
Bener kita berdua jadi merinding dibilang kita sedang berada dalam area bahaya. Akhirnya suara Maikel yang menghentikan kita “berhenti o disitu! berhenti !” . Ya kita berdua nurut kita berhenti di depan kecamatan Tegalrejo apa Tegalharjo lupa aku. Itulah. Maikel bilang kita suruh balik cari tempat yang agak rame “balik, cari tempat yang ramai.. kita jemput”. Ya kita nemu angkringan. Sudah kita berhenti sambil makan disitu. Nungguin mereka yang mau jemput. Itu terhitung kedua kalinya aku dan Maikel ketemu loh guys. Heehe tidak penting ya, haha. Makan tuh aku sama Winning. Winning ngirim lokasi kita di grub WA. Selesai makan, Maikel telfon lagi dan menanyakan pas nya kita dimana. Aku sudah jelaskan dan dia berdua dengan mas Wisnu. Yaa orang baru nih. Baru aku kenal maksudnya. Hem sampai juga mereka didepan kita. Kau tau betapa perasaanku ketemu sama Maikel. Ya begitulah bahagia saja intinya. Cieee. 
Berempat kita aku yang didepan boncengin Winning. Mereka berdua didepan kita. 
Em setelah aku inget-inget kita tetep merinding. Aku juga belum tau banget nih sama si Maikel yang sudah aku kenal. Apalagi sam mas Wisnu, ngerokok lagi dia. Haha. Ya adlah rasa tidak percaya kepada mereka berdua. Aku mencoba mengikuti laju motor mereka. Wuss kenceng banget lajunya, sampai keringatan aku ngejarnya. Dan akhirnya aku sempat teriak juga “mas Maik jangan cepat-cepat!”. 
Ya dan laju mereka dikurangi. Gilak saja jalan naik turun belok tikungan banyak lagi. 
Laju cepat ya takut aku. Sama perjalanan ke Prau dulu ya sebelas duabelas lah. 
Bedanya dulu aku dibelakang jadi bisa sembunyi dibalik tubuh joki. Sudah sepi gelap. 
Benar banget memacu adrenalinku. Ini pengalaman pertama melewati medan seperti itu. 
Medan ya haha serasa medan perang saja. Kalau kata orang anti mainstreams. 
Aku sama Winning hanya berdoa dan mengingat masih ada Tuhan yang jagain kita. 
Sudah cuma itu saja pikiran kita.
Duh lelah juga ngetiknya. Ini aku ngetik pakai keyboard yang tidak enak lagi. 
Ah sudah lanjut saja lah ya. Tak butuh waktu lama, namun lama banget kita sampai rumah Maikel ahahaha. Hem dan kalian tau cewek cuma berdua, mbak yang satunya tidak jadi ikut pendakian ini. 
Duh dari semua cowok itu hanya Maikel yang ku kenal. Kenal saja belum dekat, orang baru kedua kali ketemu. Namun ya sudah lah aku yakin mereka orang baik. Sekitar jam 8 malam apa ya itu. Kita prepare semua.  Lima cowok dua cewek. Uhuuuu tepok jidat apa tepuk tangan guys. Daebakk. !!!
Keren pokoknya aku sama Winning. Ahahahaha.
Yeee menuju basecamp Sawit. Aku didepan lagi jokiin. Menerjang jalan berliku tajam dan uraian gerimis yang syahdu. Haha aduh bahasaku puitis ya. Hehe. Melewati juga kita sama ramainya acara sholawatan gitu. Banyak juga. Wuhh kalau kalian bisa lihat malam itu lihat Jogja indah banget. Kerlip lampu mempesona sekali. Sesampai basecamp kita parkir motor lanjut menuju lokasi pendakian. Takk!!!, sendalku lupa di jok motor. Aku lari balik lagi ke tempat parkir. Maikel agak teriak “ heh kenapa?”. Aku jawab teriak “sandal gunungku di jok”. Tanpa noleh bicara sambil lari, kayaknya bawa cerrier juga dipundakku. 
Ahahaha kecil sendiri postur tubuhku. Bodoamat lah ya. Mulai nih kita menanjak nanjak. Malam yang penuh bintang kini. Maikel menyamaiku “ortumu gimana?” tanya dia. “Tidak gimana mana” jawabku sambil terus berjalan. “Maksudnya bilang gimana kamu muncak lagi?” tanyanya lagi. “ya tidak gimana gimana, cuma suruh hati-hati, balik dengan selamat dan utuh jiwa raga” jelasku. Maikel ketawa “ahahaaha”. 
Aku sinis memandangnya “kok ketawa sih?”iba ku. Tidak apa apa kata dia. Sebel deh beneran. 
Hah huft lelah juga baru berapa mdpl.
Aku sepanjang jalan menemukan goresan tulisan dibatu. Tidak tau dan tidak mau tau yang nulis siapa. 
Kata Maikel ada nama pasti ada kejadian . Maksudnya pasti ada sebabnya ditulis disitu.
Merinding aku seketika dia bilang gitu. Soalnya posisi nih aku dari pos berapa waktu itu lupa, aku mencium bunga dan suara gamelan. Namun aku hanya diam, dan aku tidak bilang ke mereka. 
Mungkin juga ada sesuatu yang aku dengar tapi sudahlah. Aku mengingatnya saja merinding sekarang..Apalagi waktu kejadian SMA dan camping SMP wuhh ngeri kalian tidak perlu tau karena aku diganggu sama makhluk tak kasat mata wehh. Itu semua sudah lalu dan sekarang kadang masih. 
Sudahlah tidak terasa kita ber7 melihat betapa megahnya gunung Merbabu dimalam yang penuh bintang ini. Indah sekali. Mempesona sekali. Bukan bintang dilangit, tapi kerlip lampu dibawah sana dilereng gunung Merbabu. Pas banget didepan kita kalau sudah sampai puncak Andong. Heheehe. 
Keren loh. Pada mendirikan tenda aku tidak ikut haha biar cowok saja yang mendirikan. 
Dibuat berhadapan gitu tendanya. Waaa gimana yaaa haaha seru banget pasti lah ya. 
Tapi ada rasa takut juga cewek 2 saja. Sebentar deh ceritanya lanjut nanti, aku mau ke kamar mandi dulu. Hehe. Selesai… Next ya…
Saat itu pagi menyapa, ku nikmati sunrise pagi ini di gunung Andong. Cukup jauh dari tempat tinggalku. Namun aku bahagia walau tidak dapat tidur malam tadi karena kau tau. Aku sama Winning juga sempet pipis disemak-semak. Ahahaha anak gunung begitu. Dan itu ditutupin pakai kain. Ditungguin dari jauh juga sama mas Tile dan mas Aldi. Hhihihi. Lucu ya namanya. Tile. Haha. Nama aslinya bukan itu. Rizal nama aslinya. Pagi itu selain sholat ditempat terbuka, kita bersendau gurau bareng juga. Indah sekali pokoknya bahagia hari itu. Menikmati pemandangan awan yang bagus. Gunung yang menjulang indahnya. Tentu salah satu dari mereka ada yang spesial bagi aku karena aku ceritakan ini. Hehe. Hari itu kalau kalian bersamaku. Dijamin pasti bahagia banget deh.
Nikmat sekali, ditemani kopi dan roti yang dibuatin sama mas Wisnu. Kita ambil gambar. Sesuka hati kita. Rasanya tak ingin aku turun gunung. Ahahaaha. So beautiful, soalnya. Namun waktu kita bahagia bersama berhenti. Bukan berhenti sih tetapi bakal lanjut lain hari. Prepare turun gunung. Maikel membantuku mengangkat cerrier ku. “woy ketinggian!” teriakku. Dia ketawa “ahaha”. Kau tau yang lain pada bercuit “cieeeee”. Duh macam apa coba lah. Dulu pas di Prau juga di cie gegara dibantuin Maikel, sekarang iya. Soalnya aku tidak minta tapi dia yang langsung membantu. Always spesial. Eh mau cerita fotoku saat itu banyak banget loh. Masih tersimpan. Di google drive ku. Banyak sekali foto bareng. Foto yang memang aku ingin. Ada itu sekarang kalau mau lihat. Sini mampir kerumah. Aheheheh. Oh iya saat mau turun itu ternyata mas Tri sudah ikutan nyusul sampai atas. Wah istilahnya seperti menjemput. Turun turun dari puncak gunung lelah lelah sekali. Ahaha nyanyi dikit biar tidak terasa juga akungetik banyak. Jalan masih sama, medan masih sama. Tapi rasanya aku nulis ini jadi kangen waktu di Prau. Waktu itu kan hujan, kalau cerah pasti lebih indah pemandangannya dari Andong. Sudah sampai basecamp akhirnya. Aku sholat bareng yang lain juga. Selesai sholat disuruh makan. Alhasil apa makananku tidak habis, sudah banyak angin masuk dalam perutku jadi terasa tidak lapar. Waktu itu tidak nafsu banget tapi tetep aku makan sedikit banget. 
Pada dimarahin lucu tuh aku apalagi Maikel tuh, sebelum dia akhirnya ngasih makananku ke Leo. 
Dia kan disampingku deket duduknya, dia bilang “kamu gimana tidak habis” sambil kayak marahin anaknya gitu haha padal siapa dia. Ya gimana lagi ya tidak sanggup perutnya. Terimakasih ya Leo kamu sudah menghabiskan makananku. Hatursuwun. Hehe.
Lanjut kita ke perjalanan, istirahat dirumah mas Rizal dahulu. Ketemu ibunya mas Wisnu juga. 
Ternyata mereka tuh tempat tinggalnya deketan banget. Baru tau. Disambut baik, aku sama Winning oleh orang tua mereka.
Sudah dianggep kayak keluarga. Baik mereka ramah ramah. Ramah sekali bahkan Maikel dan mas Tri nganterin aku dan Winning sampai daerah Artos Mall. Mereka sangat baik. Sampai rumahpun setelah aku buka hp dan ada pesan WA dari Maikel dia bilang ‘kalau sudah sampai rumah kabarin’. Perhatian tidak sih menurut kalian dia. Bahkan sampai sekarang pun begitu sikap dia. Teman serasa sahabat. 
Aku baru buka pesan dia dirumah soalnya kenapa, ya karena hpku mati dalam perjalanan pulang tidak bisa mengoperasikan hp itu. Kau tau handphone aku apa?. Haha Andromax 4glte. Mau? Ahaha tidak dijual. Sudah banyak kenangan dengan handphone ini walau kadang tidak bisa diajak kompromi. 
Dua hari pengalaman yang begitu buat aku deket dengan orang orang yang baik. Lebih bisa dekat dengan sang Pencipta dan alam. Rasa bahagianya masih terasa hingga sekarang. Dan tetap menjadi kenangan yang indah. Next part cerita selanjutnya. Selanjutnya juga kau paham kok. Hari biru selanjutnya pasti lebih biru. Hehe. See youu readers…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RAIN IN MERBABU

RAIN IN MERBABU by Siam Fitriana  " Aku tak pernah menyangka, kalau kamu sebaik itu denganku di saat aku hampir hilang keseimba...